Selasa, 10 Desember 2013

Whan Maria Ulfa



SEJARAH PERADABAN SITI NURBAYA YANG BERLAKU
HINGGA SAAT INI

MAKALAH
Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah
Pengantar Ilmu Sejarah
yang dibina oleh Ibu Indah W. P. Utami, S,Pd., S.Hum., M.Pd


oleh
Whan Maria Ulfa
130731507242
                                                                                     

                                                                         


UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL
JURUSAN SEJARAH
Desember 2013
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan Makalah ini. Makalah ini berjudul sejarah peradaban siti nurbaya yang berlaku hingga saat ini. Laporan ini disusun dengan tujuan utama untuk memenuhi tugas yang diberikan dosen matakuliah Pengantar Ilmu Sejarah dan untuk memudahkan dalam pemahaman pembelajaran matakuliah ini.
Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada semua pihak, terutama dosen pembina matakuliah Pengantar Ilmu Sejarah ibu Indah W. P. Utami, S,Pd., S.Hum., M.Pd yang membantu dalam penyelesaian makalah ini.
Segala upaya telah dilakukan untuk menyempurnakan Makalah ini dengan segala keterbatasan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki.  penulis menyadari bahwa Makalah ini masih banyak kekurangan baik isi maupun sistematikanya. Oleh sebab itu, kritik dan saran yang membangun penulis harapkan untuk kesempurnaan penulisan Makalah ini. penulis berharap semoga makalah ini bisa bermanfaat, amin.


Malang,  Desember-2013
          

                                                                                                    Penulis

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1      Latar Belakang
1.2      Rumusan Masalah
1.3      Tujuan
1.4      Metode Sejarah
BAB II PEMBAHASAN
2.1. Sejarah kisah cinta Ana dengan orang madura pilihanya
2.2. Penyebab terjadinya perjodohan antara dua keluarga
2.3. cinta timbul akibat terbiasa bersama
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
3.2. Saran

DAFTAR RUJUKAN
LAMPIRAN













BAB I 
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Pernikahan adalah sesuatu yang di impikan oleh semua pasangan di dunia ini, sebuah kisah cinta antara dua orang manusia yang saling mencintai yang nantinya di harapkan terwujud dalam sebuah pernikahan, yang sakinah, mawadah, dan warohmah.
Impian pernikahan yang seperti itulah yang tidak akan terwujud akibat adanya tentangan dari orangtua dan keyakinan-kayakinan dalam sebuah keluarga. Seperti halnya yang di alami oleh Ana impian dia bersanding dalam suatu ikatan pernikahan dengan pria pilihanya sirna sudah, akibat orangtuanya tidak setuju kalau Ana mendapatkan calon suami keturunan Madura. jadi kenapa saya membahas soal ini karena sesungguhnya masih pantaskah kita sebagai generasi muda yang punya tujuan hidup masing-masing mau mengikuti keyakinan yang ada dalam suatu keluarga, yang masih mengikuti aturan-aturan jaman dahulu.
1.2  Rumusan Masalah
1.      Bagaimana sejarah perjalanan cinta Ana dan kekasihnya yang seorang keturunan Madura?
2.      Apa penyebab Ana yang pada ahirnya di jodohkan ?
3.      Bagaimana bisa cinta timbul akibat terbiasa ?

1.3  Tujuan
1.      Mengetahui Bagaimana perjalanan cinta Ana dan kekasihnya yang seorang keturunan Madura.
2.      Mengetahui Apa penyebab Ana yang pada ahirnya di jodohkan.
3.      Mengetahui Bagaimana bisa cinta timbul akibat terbiasa.

1.4  Metode sejarah
1.      Pemilihan topik
2.      Kedekatan Emosional
Kisah hidupa Ana yang sangant diatur oleh kedua orangtuanya di karenakan Ana tidak bisa mengikuti aturan dan keyakinan dalam keluarganya jika dia tidak boleh menikahi orang keturunan madura. dari sini penulis mencoba mencari tau apa yang menjadi penyebab keluarga Ana berkeyakinan bahwa keluarga keturunan Jawa terutama Tuban tidak boleh menikahi orang keturunan madura.
3.      Kedekatan Intelektual
Untuk ke lengkapan makalah ini, penulis mencari sumber-sumber yang sesuai dengan topik yaitu sumber premier dengan cara di lakukanya wawancara dengan Ana yang kisah hidupnya sangat di atur oleeh keluarganya terutama soal jodoh. Supaya kita semua bisa memahami bahwa keyakinan dalam sebuah keluarga dapat merubah tujuan dari indifidu itu sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar oleh sebab itu penulis mengambil topik sejarah peradaban siti nurbaya yang berlangsung hingga saat ini.
4.      Heuristik
Pengumpulan data dan sumber-sumber yang dibutuhkan dan sesuai dengan topik pembahasan adalah sumber premier di dapat penulis dari mewawancarai Ana yang merupakan wanita yang di jodohkan orangtuanya dan merupakan sumber utama yang terlibat langsung di dalamya . sedangkan sumber sekunder yakni Arif dan Hariyatun yang merupakan suami dan Kakak tiri dari Ana, sumber sekunder sendiri untuk pembanding dan pendukung dari sumber premier.
5.      Kritik
Ø  Kritik eksternal
Dari sumber premier yaitu Ana memang mengaku benar, jika diapernah merasakan bagaimana rasanya di jodohkan dan menjalani kehidupan berumah tangga tanpa adanya dasar cinta dan dia berkata alasan orangtuanya menjodohkan dia karena dia terlalu bingung untuk memilih, tapi berbeda dengan keterangan sumber sekunder yang menyatakan Ana di jodohkan karena dia salah memilih calon suami.
Ø  Kritik Internal
Dari hasil wawancara yang telah di lakukan oleh penulis, masuk akal jika penyebab Ana di jodohkan karena salah memilih suami karena biasanya orangtua tau lebih mengerti apa yang di butuhkan dan yang mana yang terbaik untuk anaknya .


6.      Interpretasi
Dari data-data atau fakta yang saya dapat melalui wawancara, baik dengan sumber premier maupun sekunder dapat saya interprestasikan bahwa, kehidupan Ana merupakan sebuah kisah yang sangat mirip dengan sebuah kisah pada masalalu yang sering kita dengar dengan kisah siti nurbaya, dan perjodohan yang menyebabkan Ana berpisah dengan kekasihnya asal madura tersebut, dapat membuktikan bahwa dalam suatu keluarga yang masih mempercayai suatu keyakinan yang turun-temurun dari nenek buyutnya, yang menyatakan bahwa orang keturunan jawa terutama daerah tuban tidak boleh menikahi orang keturunan Madura .
7.      Historiografi
Dalam historiografi penulis memulai dengan Bab I yaitu pendahuluan, pendahuluan ini berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan serta metode-metode sejarah. Kemudian dilanjutkan pada Bab II yaitu pembahasan, pembahasan ini merupakan inti makala. Dan yang terakhir Bab III penutup yaitu berisi kesimpulan dan saran .













BAB II
PEMBAHASAN
2.1 sejarah perjalanan cinta Ana dan kekasihnya yang seorang keturunan Madura
Ana pertamakali bertemu dengan kekasihnya seorang keturunan madura yang bernama Ilham, ketika mereka sama-sama  masih SMA, karena ketika itu Ilham adalah murit baru pindahan dari SMA dari kota sampang madura. Ilham pindah sekolah karena mengikuti ayahnya yang berprofesi sebagai pedagang yang berjualan di sekitar daerah tempat tinggal Ana. Ketika itu mereka sama-sama di tempatkan di satu ruangan yang sama ketika itu mereka berada di  kls 12 Ipa 3.
Pengalaman masih SMA Ana adalah anak yang sangat jail ketika di kelas berbeda dengan ilham dia anak yang sangan pendiam dan terkesan cuwek, ketika itu Ana menggoda Ilham dengan cara yang aneh di punggung Ilham di telmpeli kertas yang bertuliskan “HATI-HATI ORANG SOMBONG LEWAT“ ketika Ilham keluar untuk pergi ke kantin semua siswa memandanginya dengan ekspresi yang menahan tawa. Ilham baru tersadar ketika dia di sadarkan Teman sekelasnya yang merasa kasihan akibat prilaku Ana yang terus menggoda Ilham.
Lama kelamaan prilaku Ana membuat Ilham jtuh cinta dan pada ahirnya mereka pacaran dan  kisah cinta mereka berlanjut hingga sampai mereka lulus dan bekerja di satu daerah di kota surabaya, ketika itu Ana bekerja sebagai pegawai konfeksi yang berada tidak jauh dari tempat kerja Ilham yang sebagai pegawai wirasuwasta bias . selama Lima tahun mereka menjalin hubungan, susah dan senang mereka lalui bersama, ada kejadian paling berkesan di hati dan fikiran Ana hingga saat ini, Ketika Ana berulang tahun dan bertepatan di hari itu juga tepat  Lima tahun hubungan mereka berlangsung Ilham memberikan kejutan yang tidak pernah di terfikirkan sama sekali oleh Ana dan ahirnya ilhampun melamar Ana dengan di saksikan begitu banyak lamputaman yang sangan indah ilhampun melamar dan meyakinkanAna untuk menjadi pendamping dan Ibu dari anak-anaknya kelak , betapaterkejutnya ana ketikamendengar pernyataan itu,anapun tanpaberfikir panjang langsung menerima pinangan Ilham.
Seminggu setelah Ilham melamar Ana, Ilham melanjutkan untuk melamar Ana melalui orang tua ana secara resmi dan ketika ilham di tanya berbagai pertanyaan dari orangtua Ana, Ilham menyebutkan identitas aslinya bahwa dia adalah anak seorang pedagang asal madura yang berdomisili didaerah sekitar kota Tuban. Ketika mendengar pernyataan dari ilham seketika itu orangtua Ana berfikir dua kali untuk menerima lamaran dari Ilham. Ana adalah anak angkat dari pasangan ibu HJ. Siti Asrinah dan bapak H.Maskun yang hanya memiliki satu anak kandung yang bernama Hariyatun yang menikah dengan orang asli bojonegoro yang bernama M.slamet dari pernikahan ini lahirlah dua orang putri yang pertama di beri nama Whan Maria Ulfa dan yang kedua di berinama Ana Duwi Rahmawati. Ana di sejak kecil ditinggal orangtuanya meninggal saat Ana  berumur empat tahun.
          Ketika Ana mendengar pernyataan bahwa lamaran ilham di tolak oleh orang tuanya Ana pun sempat prustasi dan kehidupanya hanya di lalui dengan menangis sembari memandangi foto ilham, sampai pada suatu kelika Ana di beri pengertian oleh seluruh keluarganya bahwa sesungguhnya di dalam keluarga ini sangan tidak munggin untuk menerima menantu dari daerah atau kota madura alasanya pun sangat tidak masuk akal karena sudah keturunan dari nenek buyut dulu menerapkan keyakinan bahwa anak cucunya tidak boleh ada yang menikah dengan orang asli madura .
2.2. Penyebab Ana yang pada ahirnya di jodohkan
  Ketika ana mendengar pernyataan bahwa di keluarga ini sudah menerapkan keyakinan seperti itu, Ana pun pasrah dan dia hanya bisa berdoa Hari demi hari pun di jalani tanpa kehadiran ilham dia serasa bingung dan ling-lung apa yang mau diakerjakan pun dia serasa tidak ada semangat untuk melakukanya. Sampai ahirnya orang tua Ana menjodohkan dia dengan anak teman bapaknya yang sama-sama bekerja di  KBIH  (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji ) kabupaten Tuban. Yang asli orang Tuban yang bernama HJ. Lasipah dan HJ. Kasmari beliau memiliki anak satu yang bernama arif yang bekerja sebagai guru SD di kota tuban.
  Ketika mendengar cerita yang di ceritakan oleh orang tua Ana, orang tua Arif pun sepakat untuk menjodohkan  Arif dengan Ana, tidak berlangsung lama arif pundatang ke rumah Ana hanya untuksekedar berkelana lebih dekat dengan Ana , tetap dengan respon yang sangat buruk Ana sama sekali tidak memberikan sedikit senyumpun untuk Arif .hingga beberapa bulan kemudian orang tua Arif pun Melamar Ana dan kedua belah pihak keluarga segera menentukan tanggal berapa mereka akan melangsungkan pernikahan.
Tepat pada tanggal 23-juni-2010 Ana dan Arif melangsungkan pernikahan dengan rasa sedih di tengah kegembiraan karena telah bersatunya keluarga ana pun tidak memberikan senyum selama pernikahan berlangsung. Dan ditengah acara pernikahan datanglah Ilham denganwajah yang berlinangan air mata karena di saatitu juga dia melihat orang yang dia cintai bersanding dengan orang lain. Ana pun tak kuasa ketika melihat ilham dan dia hanya bisa menangis tak berdaya karna dia sudah tidak bisa merubah keadaan yang menyatakan dia sudah menjadi istri dari Arif suami pilihan Orang tuanya.

2.3 Cinta timbul akibat terbiasa
Satu tahun berlangsung mereka berdua menjalani bahtera rumahtangga ini tanpa adanya cinta.tapi ana tetap penjalani tugasnya sebagai seorang istrihidup mereka sangatlah hampa tidakada saling tegur sapa ketika mereka ada di satu rumah . sampai pada suatu saat ketika usia pernikahan menginjak dua tahun setengah ana pun merasakan adanya kehidupandi dalam rahimnya , dia baru menyadari itu ketika usia kandunganya menginjak empat bulan. Selama masahamil ana pun sifatnay berubah 180’ dari biyasanya . dia biasanya anaknya pendiam, takmau tauurusan suaminya dengan keadaanitu ana menjadi sangat manja dan tidak mau sedetikpun ditinggal oleh suaminya .
Menanggapi prilaku ana yang berubah seperti itu Arif pun merasa senang dan mereka lamakelamaan saling timbul rasa memiliki , rasa menyayangi dan mencintai, di saat kelahiran anak pertama mereka arif pun serasa tak kuasa melihat buahati hasil pernikahan dia dengan Ana yang awalnya di dasari deng keterpaksaan.  Dan ketika anak mereka mulai tumbuh hari demi hari di saatitu juga tumbuhlah cinta Arif dan Ana . dan ana pun hingga saat ini masih menyimpan nama ilhan sebagai kenangan terindah dalam hidupnya.

.












BAB III
PENUTUP
a.      Kesimpulan
Ana merupakan anak angkat dari pasangan HJ. Siti Asrinah dan bapak H.Maskun yang sejak kecil di anggapnya sebagai orangtua kandung, di karenakan kedua orangtua Ana sudah meninggal si saat dia berumur 3 thn. Ana besar dengan rasa kasih sayang dan dukungan keluarga dan pada suatu saat ketika dia memasuki Sekolah Menengah Atas dia bertemu seorang laki-laki yang bernama Ilham yang ketika itu menjadi kekasihnya .
Hubungan Ana berlanjut hingga lima tahun dan di suatu malam Ilham melamar Ana di saksikan gemerlapnya lampu taman yang indah . dan lamaran itu berlanjut sampai Ilham sendiri yang Melamar Ana lewat kedua orangtuanya, ketikaitu terjadi kesalahanyang sangat fatal karena ilhammenyebutkan identitas dirinya bahwa dia anak seorang pedagang yang berasal dai kota Madura . seketika itu orangtua Ana berfikir duakali untuk menerima pinangan Ilham.
Sampai pada suatu saat Ana di jodohkan dengan anak teman dari ayahnya yang bernama Arif mereka menikah tanpa adanya dasar saling mencintai.tapi cinta itulamakelamaantumbuh akibat merekaterbiasa bersama dan ketika kelahiran anak pertama mereka rasa saling memiliki tambah erat .

b.      Saran
Kita tidak harus memandang bahwa keyakinan dalam keluarga dapat menyesatkan kita dalam suatu keadaan yang membuat kita menyesal, ambilah sisi positif dari kejadian itu semua dan berfikirlah bahwa keluarga pasti tidak akan menjodohkan kitadengan orang yang tidak baik.karena orang tua tau bagaimana orang yang pantas jadi pemimpin dan imama untuk anaknya kelak ,







DAFTAR RUJUKAN
Di lakukan wawancara dengan narasumber .
Nama :Angga Riana Dewi (Ana)
Umur :28 thn
Status : Menikah
Pekerjaan : Ibu rumah tangga
Tempat tanggal lahir :Tuban 30-Mei-1985

Nama : Imam Arif Stiawan S.Pd
Umur : 30 Thn
Status : Menikah
Pekerjaan : Pegawai Negeri Sipil
Tempat Tanggal Lahir : Tuban 7- Agustus-1983

Nama : Hariatun
Umur : 35 thn
Status :Menikah
Pekerjaan: Wirasuwasta
Tempat Tanggal Lahir : Tuban 3-desember-1978







Ø  Foto- foto ketika dilangsungkanya pernikahan Ana dan Arif
Ø  Sungkeman dengan orangtua Ana
Ø  Sungkeman dengan orangtua Arif
Ø  Foto bersama kedua belah pihak keluarga
Ø  Foto bersama kakak perempuan dan keluarganya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar