Selasa, 10 Desember 2013

Latiffatun Nasiroh



KISAH ZAENURI DALAM MEMPERJUANGKAN PERNIKAHANNYA




MAKALAH

Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah
Pengantar Ilmu Sejarah
yang dibina oleh Ibu Indah Wahyu, M.Pd



oleh
Latiffatun Nasiroh
130731607247



                                              



UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL
JURUSAN SEJARAH
DESEMBER 2013

KATA PENGANTAR




Alhamdulillah segala puji bagi Allah syukur senantiasa penulis panjatkan kepada Allah karena atas limpahan rahmat, taufik, hidayah serta inayah-Nya penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini yang berjudul “Kisah Zaenuri dalam Memperjuangkan Pernikahannya”.
Sholawat dan salam semoga tetap tersanjungkan kepada Rasulullah Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, dan orang-orang yang tetap teguh dijalan-Nya.
Dalam menyelesaikan karya tulis ini atas bantuan dari beberapa pihak, oleh karenanya penulis mengucapkan terimakasih kepada
Ibu Indah selaku dosen pembimbing dan pihak lain,  teman-teman atas dukungan dan motivasinya.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya tulis ini banyak kekurangan dan kesempurnaan, maka dari itu penulis berharap adanya saran dan kritik yang membangun dari pembaca. Dan semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca.





Malang, 04 Desember 2013



Penulis

DAFTAR ISI




KATA PENGANTAR................................................................................................. ii

DAFTAR ISI............................................................................................................... iii

BAB 1             PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang................................................................................ 1
B.     Rumusan Masalah........................................................................... 1
C.     Tujuan............................................................................................. 1
D.    Metode Sejarah............................................................................... 2

BAB II                        PEMBAHASAN
A.    Alasan Pernikahan Zaenuri tidak direstui....................................... 4
B.     Upaya Zaenuri Setelah Mengetahui  Pernikahannya Tidak Direstui 4
C.     Cara Zaenuri Mempertahankan Pernikahannya dengan Wilda....... 5
D.    Hasil Kesabaran Zaenuri dalam Menghadapi Keluarga Wildatul ...5

BAB III          PENUTUP
A.    Kesimpulan..................................................................................... 6
B.     Saran............................................................................................... 6

DAFTAR RUJUKAN.................................................................................................. 7

LAMPIRAN................................................................................................................. 8

BAB 1
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
           
Keluarga merupakan suatu unit terkecil dari masyarakat. Setiap manusia pasti ingin memiliki keluarga. Seperti halnya Ahmad  Zaenuri yang ingin membangun keluarga baru bersama Wildatul Khasanah. Namun dalam mewujudkan hal tersebut masih banyak problematika yang menghalang-halangi pernikahannya. Wildatul merupakan putri dari Sukidi, termasuk orang yang berkecukupan di dalam desanya. Berbeda dengan Zaenuri yang berasal dari keluarga miskin. Hal tersebut yang menjadi salah satu alasan kenapa pernikahan keduanya tidak direstui oleh Sukidi. Kebetulan sekali Zaenuri dan Wildatul merupakan tetangga dekat. Sehingga Sukidi juga lebih mengetahui seluk beluk keluarga Zaenuri. Hal ini yang sangat menarik dalam pembahasan makalah ini, karena hal ini merupakan sejarah keluarga yang di dalamnya terdapat unsur-unsur dan nilai-nilai moral yang dapat menjadikan pelajaran bagi pembaca.
B. Rumusan Masalah
1.      Mengapa pernikahannya dengan wildatul tidak direstui?
2.      Apa usaha dan perjuangan Zaenuri setelah mengetahui pernikahannya tidak direstui?
3.      Bagaimana cara Zaenuri dalam mempertahankan pernikahan dengan Wildatul Khasanah?
4.      Apa hasil perjuangan dan kesabaran Zaenuri dari pernikahannya yang tidak direstui?
C. Tujuan
1.      Mengetahui alasan mengenai tidak direstuinya penikahan tersebut.
2.      Mengetahui cara dan usaha zaenuri setelah mengetahui penikahannya tidak direstui.
3.      Mengetahui usaha dan perjuangan Zaenuri dalam mempertahankan pernikahannya dengan Wildatul Khasanah.
4.      Mengetahui hasil dari perjuangan dan kesabaran Zaenuri atas pernikahannya tersebut.

D. Metode
1.      Pemilihan Topik
a.       Kedekatan Emosional
 Zaenuri adalah lelaki yang terlahir dari keluarga yang tidak mampu. Semenjak kecil dia sudah mengalami hidup susah, bahkan dia tidak sampai lulus dari SMP karena minimnya biaya. Setelah dewasa dia akan menikah, namun ada pihak yang tidak setuju dengan pernikahannya, karena dia berasal dari keluaraga yang memiliki ekonomi yang rendah. Penulis membahas alasan ketidaksetujuan tersebut, perjuangan, kesabaran, dan usaha Zaenuri dalam mempertahankan cintanya.
b.      Kedekatan Intelektual
Dalam penulisan makalah ini penulis mencari sumber-sumber, baik dari sumber primer mupun sumber sekunder. Penulis memilih topik ini karena pembaca dapat mengetahui bahwa dalam suatu pernikahan itu tidak memandang antara materiilnya saja.
2.      Heuristik
Dalam mengumpulkan data dari berbagai sumber, penulis menggunakan sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer didapatkan dengan cara mewawancarai Zaenuri yang merupakan sumber utama, sedangkan sumber sekunder yaitu mewawancarai Wildatul Khasanah, istri dari Zaenuri dan Saudah yang merupakan Ibu dari Ahmad Zaenuri.
3.      Kritik
a.       Kritik Eksternal
Data yang didapatkan dari sumber primer bahwa alasan pernikahan tersebut tidak direstui karena Zaenuri berasal dari kelurga miskin. Begitu juga apa yang disampaikan sumber sekunder.
b.      Kritik Internal
Berdasarkan hasil wawancara, memang benar bahwa alasan tidak direstuinya pernikahan Zaenuri dan Wilda karena Zaenuri berasal dari keluarga yang tidak punya. Perjuangan dan kesabaran Zaenuri dalam menghadapi masalah tersebut ternyata membuahkan hasil yang baik.
4.      Interpretasi
Berdasarkan sumber-sumber data ataupun fakta hasul wawancara, Penulis menginterpretasikan bahwa Sukidi sebagai orang tua dari Wilda dalam memilih calon menantu selalu melihat dari nilai materiilnya saja dan Zaenuri merupakan sosk seseorang yang tidak pernah putus asa dalam mewujudkan keinginannya. Hal ini dibuktikan bahwa alasan tidak direstuinya Zaenuri untuk menikahi putrinya karena dia berasal dari keluarga yang miskin, sedangkan Wilda berasal dari keluarga yang berkecukupan. Dalam menghadapi orang tua Wilda, Zaenuri selalu bersabar sdan tetap memperjuangkan cintanya dengan cara mendekati kelurganya secara perlahan-lahan. Dan membuahkan hasil yang sangat baik.
5.      Historiografi
Dalam penulisan makalah historiografi ini penulis memaparkan pada Bab 1 yaitu pendahuluan, yang berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan metode-metode sejarah yang digunakan. Pada Bab II yaitu pembahasan, dimana merupakan inti dari isi makalah ini, mengulas rumusan masalah secara mendetail. Pada Bab III adalah bab terakhir yang berisi kesimpulan dan saran dari makalah ini.

BAB III
PEMBAHASAN
KISAH ZAENURI DALAM MEMPERJUANGKAN PERNIKAHANNYA
A.    Alasan Pernikahan Zaenuri Tidak Direstui
Zaenuri adalah seorang laki-laki yang berasal dari kelurga sederhana. Dia terlahir dari pasangan suami istri yang bernama Tukiran dan Saudah. Dia merupakan anak ke-2 dari 4 bersaudara. Sejak kecil dia sudah hidup susah. Dia juga tidak lulus dari sekolah SMP karena ketidakadaan biaya. Sejak dia kelas 5 SD dia sudah tidak mempunyai Ayah, karena pada waktu itu tukiran sedang sakit keras. Semenjak kejadian itu Zaenuri bersama kakaknya yang pertama menjadi tulang punggung keluarga. Ketika itu dia sudah mulai bekerja sebagai buruh di tetangga-tetangganya. Dia tidak pernah malu ataupun gengsi dalam menjalani kehidupannya. Setelah dia dewasa dia ingin memperistri perempuan yang merupakan anak dari Sukidi dan Kadijah salah satu keluarga yang berkecukupan yang ada di desanya. Perempuan itu bernama Wildatul Khasanah. Ketika itu Zaenuri sudah mencoba berbicara untuk meminang Wildatul kepada Sukidi. Namun sukidi tidak mengizinkan kalau mereka berdua akan menikah, dengan alasan Zaenuri berasal dari keluraga yang miskin, tidak pernah mengenyam bangku pendidikan dan Sukidi tidak mau memiliki besan buruhnya sendiri.
B.     Upaya Zaenuri Setelah Mengetahui Pernikahannya Tidak Direstui
Setelah mengetahui alasan mengapa pernikahannya tidak direstui, dia tetap sabar dalam memperjuangkan cintanya kepada Wildatul. Dalam memperjuangkannya dia mencoba mendekati keluarganya dengan cara perlahan-lahan. Namun tidak ada respon dari keluarga Wildatul terutama ayahnya. Mengetahui hal tersebut Zaenuri menyuruh pamannya, bernama Barodin adik dari Tukiran untuk meminang Wildatul. Kemudian Barodin menuruti keinginan dari keponakannya, dan segera datang kerumah Sukidi untuk meminang anaknya tersebut. Namun Sukidi tidak menanggapi lamaran tersebut dan tidak mengembalikan lamaran tersebut. Zaenuri selalu menunggu kepastian dari keluarga Wildatul. Akhirnya Zaenuri segera memperjelas kepada Wildatul apakah dia tetap ingin menikah dengannya. Dan Wildatul

tetap ingin menikah bersama Zaenuri, karena mereka saling mencintai sehingga mereka mencari cara untuk tetap menikah. Kemudian Wildatul mendesak ayahnya untuk merestui pernikahannya dan mengembalikan lamaran dari keluarga Zaenuri, sebagai kepastian bahwa keluarga dari Wildatul merestui pernikahan keduanya. Demi putri kesayangannya dengan terpaksa Sukidi memperbolehkan Zaenuri untuk menikahi anaknya, sehingga mereka berdua menikah.

C.     Cara Zaenuri Mempertahankan Pernikahannya dengan Wildatul
Ketika mereka sudah mendapatkan restu dan menikah, namun bukan berarti keluarga Wildatul menyukai Zaenuri sebagai anggota keluraga barunya. Zaenuri selalu diacuhkan dan selalu di bandingkan dengan menantu Sukidi yang lain. Bahwasanya menantu yang lain berasal dari keluarga yang kaya tidak seperti Zaenuri yang berasal dari keluarga miskin yang ibunya bekerja sebagai buruh dirumah Wildatul. Zaenuri tetap berusaha dan berupaya untuk menjadi menantu yang baik. Dia selalu membantu Sukidi bekerja disawah untuk membantu mengolah sawahnya. Karena kebetulan sekali pada waktu itu Sukidi memang sedang membutuhkan pekerja untuk mengolah sawahnya. Diantara menantunya tidak ada yang mau membantu Sukidi untuk mengolah sawahnya. Akhirnya Zaenuri mengambil kesempatan itu, untuk mencuri hati mertuanya.

D.    Hasil Kesabaran Zaenuri dalam Menghadapi Keluarga Wildatul
Dari kesabaran dan keikhlasan Zaenuri dalam membantu mengolah sawahnya, Sukidi mulai beranggapan bahwa Zaenuri yang baik diantara menantunya yang lain. Hal ini juga dibuktikan ketika Sukidi sedang sakit dan mengalami kesusahan, hanya Zaenuri yang merawat dan mengerti keadaannya saat itu. Menantu-menantu Sukidi yang lain tidak peduli dengan keadaan yang telah dirasakannya. Dari sini Sukidi dapat menyimpulkan bahwa selama ini dia salah menilai Zaenuri sebagai menantu, dan Sukidi mulai sadar bahwa Zaenuri adalah menantu yang berbakti dan menjadi imam yang baik bagi putrinya. Semenjak itu, Zaenuri hidup bahagia bersama Wildatul.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.      Pernikaahn Zaenuri dan Wildatul tidak direstui karena Zaenuri tidak pernah mengenal pendidikan dan berasal dari keluarga miskin.
2.      Setelah mengetahui pernikahannya tidak akan direstui Zaenuri mencoba mendekati ayah Wildatul dan menyuruh Pamannya untuk meminang Wildatul.
3.      Cara Zaenuri mempertahankan pernikahannya dengan cara membuktikan kepedulian dan berbakti kepada Sukidi meskipun sikap dan tindakan Sukidi kurang menyenangkan.
4.      Kesabaran dan perjuangan Zaenuri membuahkan hasil yang baik, dan keberadaan Zaenuri diterima dengan baik oleh keluarga Sukidi.

B.     Saran
Penulis menyadari bahwa penulisan Hisoriografi ini masih banyak kekurangan dan kekeliruan. Penulis berharap adanya kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.

DAFTAR RUJUKAN


Narasumber :

1.      Nama         : Ahmad Zaenuri
TTL           : Banyuwangi, 30 Juni 1973
Pekerjaan   : Wiraswasta
Status        : Menikah
Alamat      : Desa Lidah Gambiran Kabupaten Banyuwangi
2.      Nama         : Wildatul Khasanah
TTL           : Banyuwangi, 09 Juni 1976
Pekerjaan   : Wiraswasta
Status        : Menikah
Alamat      : Desa Lidah Gambiran, Kabupaten Banyuwangi
3.      Nama         : Saudah
TTL           : Banyuwangi, 1 Maret 1944
Pekerjaan   : Buruh Tani
Status        : Janda
Alamat      : Desa Wadung Dolah, Kabupaten Banyuwangi












LAMPIRAN

A.    Foto Pernikahan Ahmad Zaenuri dan Wildatul Khasanah
  
B.     Foto Wildatul Khasanah ketika diwawancarai
  
C.  Foto Ibu Saudah  saat diwawancarai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar